CUKUP MENARIK DURASI KERJA AVSEC (AVIATION SECURITY)

 

 

Berapa Lama Kontrak Kerja Petugas AVSEC Bandara Saat Baru Diterima? Pada zaman sekarang ini hampir semua pekerjaan memberlakukan sistem kontrak pada karyawannya, tidak terkecuali untuk profesi AVSEC. Tentunya yang namanya kontrak pasti ada batas waktunya, tergantung perusahaan terkait mau memperpanjang kontrak yang ada atau tidak.

Setiap perusahaan pastinya mempunyai aturan sendiri dalam urusan kontral pegawainya. Kira-kira masa kontrak petugas AVSEC itu berapa lama ya gaes? Untuk mengetahui jawabannya kita simak bersama yuk artikel Berapa Lama Kontrak Kerja Petugas AVSEC Bandara Saat Baru Diterima?

Pengertian AVSEC Aviation Security Bandara

Petugas AVSEC merupakan polisi bandara yang bertugas untuk menjaga keamanan penerbangan bandara. Tidak hanya menjaga itu saja, tapi tugas AVSEC juga harus menjaga fasilitas yang mendukung penerbangan yang ada, seperti lampu landasan & pagar pembatas bandara. Petugas AVSEC mempunyai tugas dan tanggung jawab keamanan penerbangan yang sesuai peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 Butir 9.
Seorang AVSEC dituntut untuk bertugas seusai prosedur dari badan regulasi internasional yang bernama ICAO, yang mana badan regulasi tersebut dibawahi langsung oleh PBB. Petugas AVSEC berbeda dengan petugas kemanan biasanya, karena untuk bisa menjadi AVSEC maka seseorang tersebut wajib memiliki STKP (Surat Tanda Kecakapan Personal) yang dikeluarkan langsung oleh Direktur Jendral Perhubungan Udara.
Dengan memiliki STKP, seseorang sudah dianggap mempunyai kompetensi untuk menjadi keamanan penerbangan dan siap untuk menjalankan tugas sebagai AVSEC. Karena tidak mudah untuk menjadi seorang AVSEC dan tidak semua orang bisa menjadi AVSEC, kira-kira apa saja syarat menjadi AVSEC?

Persyaratan Umum Menjadi Petugas AVSEC. Dibawah ini adalah syarat umum untuk menjadi petugas AVSEC :

  • Lulusan SMA/ Sederajat
  • Tinggi Badan Minimal 165 cm (Putra) 160cm (Putri)
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Usia Min. 18 Tahun, Maks. 27 Tahun
  • Tidak Buta Warna & Hepatitis
  • Belum Menikah
  • Berbadan Sehat, Dibuktikan Dengan Surat Dokter

Tugas-Tugas Petugas AVSEC Bandara. Sebagai petugas AVSEC, ada beberapa tugas menyangkut keamanan penerbangan sebagai berikut :

  • Memastikan keamanan seluruh masyarakat bandara dengan cara memeriksa barang dengan sangat teliti agar tidak ada barang yang membahayakan masuk ke proses penerbangan.
  • Mencocokkan KTP & Tiket Calon Penumpang
  • Melakukan Pemeriksaan Kepada Awak Kabin & Penumpang
  • Pengawasan pada cargo, pos & lainnya
  • Melakukan perlindungan kepada perusahaan angkutan udara
  • Cek bagasi sebelum & sesudah penerbangan
  • Mematuhi prosedur peraturan nasional & internasional
  • Pemeriksaan akses kontrol pada sisi udara

Menjadi seorang AVSEC memang tidak mudah dan tidak semua orang dapat menjadi AVSEC. Menjadi kemanan penerbangan harus tegas dalam pemeriksaan calon penumpang, meski calon penumpang itu pejabat negara sekalipun. Karena sudah tugas AVSEC menjaga keamanan penerbangan, maka saat menjalankan tugas harus tegas tapi tetap santun dan harus siap menghadapi sebagian calon penumpang yang “rewel” saat hendak diperiksa.

Lama Jam Kerja AVSEC
Menurut undang-undang Pasal 77 ayat 1, UU No.13/2003 yang ada, waktu kerja dalam seminggu adalah maksimal 40 jam, berarti bisa dikatakan seperti ini :
7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1  minggu atau 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Hal tersebut tidak terkecuali untuk seorang AVSEC, apabila jam kerja melebihi jam tersebut maka pekerja sudah masuk jam lembur dan berhak untuk mendapatkan upah lembur sesuai peraturan perusahaan penerbangan terkait.

Setelah baca artikel kakak berminat tidak jadi AVSEC (Aviation Security)??? ….. Pastinya iya dongs… Yang jelas jadi AVSEC (Aviation Security) itu ga bisa langsung daftar terus diterima. Nah tentu sebagai maskapai penerbangan atau perusahaan penerbangan akan mempertimbangkan siapa saja yang bsia masuk dan menjadi seorang AVSEC (Aviation Security). Tentunya yang diterima adalah orang-orang yang sudah terlatih dan teruji dan memiliki bukti bahwa dia mampu menjadi seorang AVSEC (Aviation Security)…

Bagaimana bisa membuktikannya??? Salah satu jalannya adalah mengikuti sekolah atau pelatihan AVSEC (Aviation Security) kakak.

Ini nih kak,, mimin punya informasi rahasia terkait pendaftaran untuk sekolah AVSEC (Aviation Security)/pelatihan AVSEC (Aviation Security). Yaitu di PSPP Penerbangan. PSPP Penerbangan menjadi yang terdepan dalam mengembangkan bakat dan minat terutama dibidang keAVSEC (Aviation Security)an. Kami terbukti banyak meghantarkan siswa – siswi kami menjadi karyawan penerbangan salah satunya adalah AVSEC (Aviation Security). Tunggu apalagi kakak,, raih mimpi kakak sebagai AVSEC (Aviation Security) dan asah diri kakak melalui sekolah kami. Untuk info dan pertanyaan seputar AVSEC (Aviation Security) dan info pendaftaran sekolah/pelatihan AVSEC (Aviation Security) PSPP Penerbangan kakak bisa hubungi Kak Dicky selaku panitia pendaftaran PSPP Penerbangan. Hubungi melalui call/WA di 0813 5819 2001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *